Rabu, 22 Oktober 2014

Ulang Tahun (?)

Kemarin untuk kesekian kalinya saya merayakan -lebih tepatnya hanya mengamati- ulang tahun teman saya di kampus. Ya begitulah entah kenapa berbagai dorongan diri menyatakan tidak setuju dan tidak ingin ikut-ikutan dalam perayaan ini. Mungkin karena beberapa musabab aku mulai membenci yang namanya perayaan ulang tahun seperti yang mereka lakukan.

Sobat tahu dengan perayaan ekstrim ulang tahun ala anak kuliahan di kampus ini? Mungkin bukan hanya di kampus ini, namun hanya di Indonesia sobat menemukan perayaan seperti ini. Merayakan sebuah hari ulang tahun di kampus kemaren, begini kronolginya.

Si korban -yang lagi ulang tahun- dijebak dengan berbagai cara untuk ikutan nimbrung ke dalam obrolan gak penting dan pura-pura serius dalam membicarakan sesuatu. Atau dijebak dengan berbagai hal yang menyudutkan si korban -yang lagi ulang tahun-. Dan pada waktu tertentu, si korban akan diikat pada tangan dan kakinya, lalu dengan seketika ada rombongan telur bercampur tepung akan dilempar ke badan si korban. Pernah gak sih ngalamin hal yang sama? Sebel gak? Begitulah yang saya pikir tentang hal ini. 

Selain merupakan hal yang ngebuat sebel dan kesel, hal ini juga tentunya memunculkan salah satu bentuk pemborosan. Kebayang gak telur dan tepung itu bisa dijadiin apa kalau dialihkan menjadi sebuah makanan? Pasti kebayang dong. Yah, lebih baik telur dan tepung yang akan dijadikan bahan lemparan untuk mengotori si korban dialihkan menjadi sesuatu yang bermanfaat. Untuk apa dibuang dan akhirnya akan mengotori korban dan lingkungan sekitar tempat perayaan. 

Bau amis dari lemparan telur dan tepung gak salah menjijikkan. Itulah yang saya rasakan. Makanya sedari dulu saya membenci perayaan seperti ini. Bagi saya, ulang tahun adalah momen berharga yang harusnya dilewati dengan damai dan bahagia. Kalau ada yang menyatakan kalau dengan  perayaan ektrim seperti hal diatas adalah salah satu bentuk yang membuatnya bahagia, saya akan langsung mencap dia orang gila. Ya, menurut saya perayaan ekstrim seperti ini hanya orang gila-lah yang menikmatinya.

I hate an ekstrem celebration for a birthday.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar