Kamis, 14 Agustus 2014

Anyang Dagiang

Mereka menyebutnya Gajeboh Asam Padeh, dalam bahasa Indonesia bisa dikenal dengan nama Sampadeh Daging. Namun saya menyebutnya dengan sebutan Anyang Dagiang. Gitu.

Sebuah makanan yang merupakan makanan khas indonesia,khususnya Sumatera Barat. Sebuah makanan yang berbahan dasar daging Sapi atau Ayam yang digulai dengan campuran bumbu dan cabe.

Unsur terbesar di bumbunya yaitu Cabe. Ini sebabnya Anyang Dagiang ini terasa pedas. Yang pasti, unsur bawang putih, bawang merah sama jahenya gak hilang dari unsur bumbu utamanya, namun yang paling banyak komposisinya yaitu Cabe.


Ngomongin masalah cabe, update terbaru di kampung gw, cabe saat ini untuk komoditi cabe lokal memiliki harga yang lumayan terjangkau dan masih mensejahterakan petani. Yakninya kisaran 30rb/kg. Kalau di kampung sobat gimana?
Gak jauh beda sama Asam Padeh Ikan, rasanya yang pedas pasti akan membuat lidah sobat ketagihan. Yaudah, silahkan dibuat sob. Resep banyak di internet kok. Tapi, sgw bakal ngebuat sedikit panduan membuat Anyang Dagiang secara singkat. Silahkan dipahami sob. XD

Bahan:
1.Daging Ayam atau Daging Sapi -usahakan kalau daging sapi itu yang berlemak-
2.Cabe Giling
3.Bawang Putih dan Merah *
4.Jahe *
5.Merica *
6.Garam *
7.Daun Kunyit
8.Daun Jeruk
9. Air *

Alat:
1.Kompor
2.Kuali
3.Pisau
4.Gilingan Bumbu

Cara membuat:
1. Bumbu 2 sampe 6 digiling jadi satu, trus dimasukin ke kuali yang bakal dipake buat masak, trus campur air.
2. Masukin daging yang udah dicuci terlebih dahulu. Campurin setelah itu daun kunyit sama daun jeruk. Apinya gak terlalu besar ya sob, agar bumbunya meresap ke daging.
3.Usahakan daun kunyit sama daun jeruk itu yang segar, karena daun kunyit dan daun jeruk yang segar membuat rasa dari masakan ini makin enak.
4. Tunggu hingga kuah nya mengental dan bumbunya meresap ke daging. Kalau kurang garam, tambahkan sedikit garam sob agar rasanya pas.
5. Kalau udah klop rasanya, baik Pedesnya, Asinnya, Asemnya, Silahkan angkat aja sob, jangan sampai terlalu kering kuahnya sob, takutnya itu ngerubah rasa dagingnya alias gosong -soalnya gw pernah masak anyang malah gosong- *kriik
6. Okeh, masakannya siap. Silahkan disajikan dengan kreasi sobat.

Sekian resep dari gw sob. Gw yang ngebuat, jadi selamat mencoba sob. Yang penting dari masakan itu tastenya sob. Apapun rasanya nanti, yang penting usahanya sob.

ket: * >> secukupnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar