Senin, 07 September 2015

[Viandante] Traveler pemula, jangan pernah lupakan hal-hal ini.

Tren kekinian pada saat ini adalah membludaknya traveler-traveler pemula di berbagai objek wisata, lokal atau domestik. Hal ini tentu menjadi sebuah fenomena yang tidak terduga, begitu pula di daerah saya. Membludaknya pengunjung yang kekinian menyebabkan beberapa objek wisata yang biasanya bisa didatangi secara gratisan, kini malah mematok harga -meski masih terjangkau-. 

Namun bila kita melihat kembali,
pengunjung kekinian ini banyak melupakan  hal-hal ini. Mari kita saling nasehat-menasehati. Mana tahu, dengan usaha yang kecil ini, kita sama-sama sadar akan bagaimana seharusnya kita bertindak dengan alam. Yuk kita simak!!


  1. Buat kamu yang baru mencoba hobi outdoor, jangan lupa untuk setidaknya memiliki peralatan outdoor yang utama seperti Tenda, sleeping bag, carrier/daypack, nesting, kompor, dan matras. Hal ini dikarenakan untuk kegiatan outdoor seperti pendakian atau camping, banyak sekali hal yang bisa kita nikmati, tentu tidak cukup waktu seharian, lebih baik berdiam dan mendirikan tenda. Esok hari masih menunngu untuk kelanjutan petualanganmu. *lihat-lihat dulu dimana tenda akan kamu bangun, jangan sampai bangun tenda di dekat kuburan atau di tepi jurang!!.
  2. Buat kamu traveler pemula, jangan pernah sekali-kali melanggar peraturan dari pihak pengelola. Kalau jangan buang sampah sembarangan, ya jangan buang sampah sembarangan. Kalau gak boleh bakar-bakar, jangan bakar-bakar. Karena setiap objek wisata punya regulasinya masing-masing. Hal ini dimaksudkan untuk kenyamanan pengunjung itu sendiri. Jadi jangan pernah ngintip-ngintip pemandian sebelah ya bro!!.
  3. Abadikan momenmu dengan apa yang kamu punya. Punya kamera handphone atau smartphone? Gunakan itu, bermain-mainlah dengan fitur-fitur yang tersedia. Punya camera digital atau DSLR? Berarti kamu beruntung. Optimalisasikan kelebihanmu dalam bidang fotografi. Melalui foto, kita secara tidak langsung memiliki andil untuk menghidupkan destinasi yang kita kunjungi. Jangan memaksakan hendak memakai DSLR padahal yang kita punya adalah smartphone biasa-biasa saja, gunakan saja itu. Karena foto yang bagus berasal dari penggunanya, bukan gadgetnya.
  4. Jangan nyampah ya guys. Karena sejatinya perjalanan bukan tentang menaklukkan destinasi, namun lebih kepada penaklukkan atas diri sendiri. Makanya setiap kamu berkeliling, jangan lupa sediakan Trash Bag untuk mengangkut sampah. Jangan sampai turis-turis bule yang memungut sampahmu lo bray.
  5. Usahakan untuk tetap berinteraksi dengan masyarakat. Karena kita termasuk dalam bagian masyarakat, makhluk sosial, maka berinteraksi adalah hal yang wajib kita lakukan saat berwisata. Mana tahu, kamu bakalan dapat diskon atau bonus ketika berwisata. Semoga beruntung!. ^_^
Sekian dulu ya bray, karena kalau kepanjangan nanti banyak yang kesinggung atau apalah namanya. Maka dari itu, mari kita arif dan bijaksana selama berwisata. Salam traveler bro!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar