Senin, 18 Agustus 2014

Buat yang punya masalah di jantung, baca sedikit tips ini.

via http://asfarian.wordpress.com
Pagi ini masih dalam rutinitas yang sama. Bangun tidur capsus gosok gigi sama cuci muka. Oke, mulai hari baru. Tanpa mandi. Oke mungkin sobat ngirain gw ini jorok, tapi sumpah sob, disini dingin pake banget. Kagak kuat kalo mandi pagi itu. Nah gimana pas SMA dulu? Itu lain lagi ceritanya, dulu gw sekolah pagi, rajin mandi. Sekarang udah kuliah, lagi libur, jadi dikit males buat mandi pagi.

Masih dalam rutinitas yang sama. Pagi ini gw mulai dengan kegiatan membantu orang tua. Bukan seperti rutinitas dalam lagu Bangun Tidur yang semerta-merta lanjut mandi, gosok gigi, dan merapikan tempat tidur. Bahkan kagak persis. Pagi ini sama dengan pagi kemaren yang gw isi dengan membantu orang tua ngeluarin dagangan. Mungkin ini rutinitas gw ya sekalian buat ngelatih otot jantung biar kebiasa sama udara pagi setelah sekian lama gw di Padang selalu bangun siangan.

Jadi apapun itu, gw disini beraktifitas sekalian buat penyembuhan. Bukan penyembuhan, tapi pencegahan berbagai kemungkinan yang buruk. Berkurangnya elastisitas otot jantung ngebuat jantung gw sering kumat. Buat yang memiliki penyakit yang sama dengan gw gak ada salahnya kan nyoba yang udah gw lakuin. Berikut gw kasih beberapa tips buat sobat untuk mencegah resiko serangan jantung khusus buat sobat yang punya masalah di bagian yang vital ini;

1. Jaga pola makan.
Buat sobat yang memiliki hobi makan, yang makannya itu 5 kali sehari bahkan lebih. Belum termasuk camilan dan makanan kecil yang disantap pas istirahat, direkomendasikan buat ngurangin kebiasaan ini. Karena apapun itu penyakitnya, pola makan yang sehat harus diperhatikan. Mungkin sobat mikirnya yang bakalan nanggung kerja yang berat untuk ngolah makanan adalah lambung, tapi sob pikirin juga kerja lambung yang berat itu juga mempengaruhi kinerja otot jantung. 

2. Jangan kerja terlalu berat.
Ya ini sih betul, jangan kerja terlalu berat. Seperti ngangkut barang berat, padi satu karung, air 2 ember besar penuh sekaligus, sampe tabung gas 12 Kg penuh sendirian. Usahakan agar dapat mengurangi beban berat tersebut dengan bekerja bersama orang lain. Jangan sendirian. Jika beban itu berat, usahakan berbagi dengan orang lain guna menyelesaikan pekerjaan tersebut. Karena beban yang berat juga menambah kinerja jantung juga berat, sehingga ketidakseimbangan ini mempengaruhi kinerja jantung. Dan tidak sedikit pula dari orang yang sakit jantung terkena serangan setelah bekerja mengangkut atau menahan beban yang terlalu berat.

3. Berolahraga pagi hari.
Ini sih udah umum kali ya. Yap, berolahraga di pagi hari selain membuat tubuh bugar hal ini juga ngebuat kinerja jantung guna memompa darah membaik. Apalagi sinar matahari pagi yang mengandung Vitamin D itu juga baik loh buat tubuh kita. Dalih-dalih berolahraga pagi, jantung sehat, tubuh bugar, apalagi kalau olahraganya di lapangan terbuka yang banyak ceweknya tuh, sekalian bisa cuci mata kan. *eeh

Itu aja sih tips dari gw. Kedikitan ya? Itu semua sih dari pengalaman  gw, masih banyak yang lain tapi gak bisa gw jelasin banyak. Karena belum ada bukti ilmiahnya sih, cuma dari obat kampung. Seperti gak minum kopi, makan makanan pedas, sampe minum rebusan daun binahong. Minum obat kimia? Gw sih ogah, karena terbuat dari bahan kimia, obat kimia juga gak semuanya aman sob. Ada juga obat kimia yang malah ngebuat efek samping yang lebih berbahaya seperti pusing bahkan mual-mual. Makanya gw gak nyaranin untuk rutin minum obat kimia sob. Yang alami dan herbal aja sob. 

Mungkin yang dari Fakultas kedokteran bakal nyanggah tulisan ini, tapi itu semua manjur kok. Gak ada bukti ilmiahlah, ini-itu lah, tapi semua yang gw lakuin di atas cukup manjur untuk mencegah hal-hal yang dapat memicu sakit jantung kambuh lagi.

Sekian dari gw, kamsahamnida~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar