Rabu, 11 Juni 2014

Menulislah !!

(image sourche : intisari-online.com)

Menulis itu melawan lupa. Dengan menulis kita bisa mengabadikan setiap momen. Sedih. Senang. Bahagia. Lara. Suka. Duka. Bahagia. Derita. Yang dapat pekerjaan baru. Yang baru lahiran. Yang baru lulus UN. Yang baru ujian skripsi. Yang baru ujian thesis. Yang baru ujian desertasi. Semua hal yang menyangkut pribadi tidak salahnya kita tuangkan dalam tulisan.

Menulis kisah dalam tulisan itu asyik meeen. Lu gak harus menulis dengan gaya baku seperti terlalu mementingkan EYD. EYD itu bullshit aja kata gw. Yang penting disini yaa gimana kita ngatur alur ceritanya aja. Biar orang melirik tulisan kita. Tertarik dan tergugah atas tulisan kita.

Menulislah kapan saja. Lawanlah lupa yang membredel ingatan. Disini gw bakal kasih beberapa tips yang bisa lu jadiin inspirasi buat nulis. Tapi ini sih pengalaman gw yaa. Jadi kalo ada yang mau kritik yaa silahkan. Karena yang gw tulis disini semua pengalaman gw.

1. Nulislah dikala lu seneng.

(image sourche : massjabrik.blogspot.com)

Karena pada saat seneng, biasanya otak lu lagi kreatif-kreatif ini. Jangan cuma bilang "gw lagi seneng ini", atau "huuuu senengnyaaa", atau bahkan "gw lagi seneng nich.", buatlah alur cerita yang bisa ngebuat orang tertarik. Sehingga semua orang bisa ngerasain seneng juga. Kan enak itu. Dalih dalih lu nulis kebahagiaan lu, di belakang sana banyak juga orang yang seneng gegara tulisan lu. Pahala itu meeen.


2. Mengertilah dengan alur cerita.

Buatlah alur cerita yang runtun. Jangan asal-asalan. :D Jangan ngelompat-lompat gak jelas. Jangan sampe statement yang sama berulang berkali-kali. Berkaitan dengan tips nomor 1, jangan sampe kebahagiaan kita yang kita ceritain berulang-ulang, itu bakal ngeboringin meen. Jadi yaaaa bahagianya cuma satu statement atau beberapa lah, tapi yang lain statement pendukung. halaaaah (*O*)/

3. Nulislah dikala lu galau.

(image sourche : www.anne-ahira.com)

eh eh eh. Ngomongin galau. aah sudahlaah. Lu nyadar? Kalo waktu lu galau, tulisan lu itu bakal nutur satu persatu. Bakal ngalir apa adanya. Jadi, kalo lu galau jangan dilampiasin sama hal negatif, nulis aja. disana bakal banyak orang yang bakal ngasih tips atau nasihat atau wejangan ke elu. Enak kan? Bisa berbagi cerita dan merajut komunikasi sama semua orang. enak kan meeen :D

4. Gunain bahasa yang dimengerti orang.

(image sourche : 4gameforum.com

Jangan gunain bahasa yang ngebuat mata orang perih. Jangan alay meen. Kalo lu sedih, ya cukup pake bahasa yang dimengerti orang. Jangan pake  huruf campuran deeh. Campuran huruf sama angka, campuran huruf kecil sama huruf besar, atau lebih complicated dari itu, itu orang ga bakal nangkep jalan cerita lu. Ya sederhana aja. Banggalah dengan bahasa yang lu pake sekarang. Jangan alay atau lebay. :D

5. Beautiful finishing.

(image sourche : hasnah60.blogspot.com)

Naah ini yang bakal ngebuat orang tertarik buat baca tulisan lu. Buatlah akhir dari cerita lu itu secantik mungkin. Mungkin dengan kata mutiara. Atau lu nyantumin beberap foto, foto kenangan mungkin, atau foto lucu bisa juga. Enak kan kalo akhir dari tulisan kita itu ngebuat orang terhibur atau mengerti apa yang lu rasain.

Nah sedikit banyaknya cuma itu yang gw bisa kasih. Menurut gw sih semua orang bisa nulis, cuma cara ngeeksposenya aja yang kurang. Kreatiflah meen. haha :D

(image sourche : dokumen sendiri)
secara ini kan gw sendiri, jadi dokumen pribadi :D

Pesan gw. Menulislah meen. Hanya dengan tulisan, lu bakal seneng. Jiwa lu bebas dengan tulisan yang lu buat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar